Public Trust dalam Pelayanan Publik

Konsep, Dimensi, dan Strategi


Tema utama dalam buku ini pada intinya berusaha memberikan penjelasan dan deskripsi yang bermanfaat bagi para pembaca, pemerhati kinerja pemerintah dalam pelayanan publik, dan mahasiswa. Buku ini menjelaskan substansi utama yang mengangkat topik kajian yang relatif baru dalam literatur ilmu administrasi publik dan pelayanan publik.

SKU: 9789795302742 Category: Tags: ,

Detail

Tata Letak dan Desain Sampul

Bagus Sabrang M.C.A

ISBN

978-979-530-274-2

Halaman

xxvi + 583

Cetakan

I 2020

Penerbit

Unhas Press

Bahasa

Indonesia

Tentang

Hasniati Hamzah

Hasniati Hamzah

Lahir di Takalar pada tanggal 1 Januari 1968, menyelesaikan Pendidikan S1 pada tahun 1990 di Universitas Hasanuddin, pendidikan magister pada tahun 1995 di Universitas Hasanuddin, dan pendidikan Program Doktor Administrasi Publik di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2004. Selain aktif sebagai Dosen Ilmu Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Berbagai kegiatan seminar nasional dan internasional pernah diikuti dan aktif menulis artikel yang diterbitkan pada Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Scopus. Beberapa buku yang pernah diterbitkan antara lain Bahan Ajar Mata Kuliah Perilaku Organisasi, Modul Mata Kuliah Etika Administrasi Negara, Bahan Ajar Mata Kuliah Administrasi Perkantoran Modern. Penghargaan yang pernah diterima antara lain lulusan terbaik Program Doktor Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya malang pada tahun 2008, Satyalencana Karyasatya X dari Presiden RI pada tahun 2012.

Mashuri H. Tahili

Mashuri H. Tahili

Lahir di Pisou pada tanggal 6 OKtober 1971, menyelesaikan pendidikan S1 di FKIP Universitas Tadulako Palu pada tahun 1996, pendidikan Magister Pendidikan di Universitas Negeri Makassar pada tahun 2003, pendidikan Magister Sains di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2005, dan menyelesaikan pendidikan Program Doktor Administrasi Publik di Universitas Hasanuddin pada tahun 2018. Ia adalah Dosen Dipekerjakan (DPK) pada LLDikti IX Sulawesi dan Gorontalo di Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sejak tahun 2015. Selain aktif sebagai penulis artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Nasional dan Internasional, ia juga aktif sebagai pembicara pada seminar nasional dan internasional.

Mohamad Thahir Haning

Mohamad Thahir Haning

Lahir di Pangkep tanggal 7 Mei 1957, menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Hasanuddin pada tahun 1982, pendidikan S2 di Universitas Hasanuddin pada tahun 1997, dan pendidikan Doktor Administrasi Negara di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2011. Jabatan fungsional terakhir adalah Guru besar dalam Ilmu Administrasi Publik pada FAkultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar. Selain menulis dalam artikel yang dimuat dalam Scopus, ia juga sebagai pembisacara dalam seminar nasional dan internasional. Buku yang pernah diterbitkan berjudul "Reformasi Birokrasi: Desain Organisasi yang Mendukung Pelayanan Publik di Indonesia". Penghargaan yang pernah diterima antara lain: Dosen Berprestasi Peringkat I Kategori Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Hasanuddin pada tahun 2019, dan Satyalencana Karyasatya XXX pada tahun 2019.

Tema utama dalam buku ini pada intinya berusaha memberikan penjelasan dan deskripsi yang bermanfaat bagi para pembaca, pemerhati kinerja pemerintah dalam pelayanan publik, dan mahasiswa. Buku ini menjelaskan substansi utama yang mengangkat topik kajian yang relatif baru dalam literatur ilmu administrasi publik dan pelayanan publik.

Buku ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan mata kuliah yang kami ajarkan yaitu administrasi perpajakan dan pelayanan publik, sehingga secara praktis buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk mahasiswa S1, S2,
S3 yang ingin mengkaji aspek public-trust dalam pelayanan publik.

Berdasarkan kajian perspektif ontologis, pada dasarnya ada benang merah antara kepercayaan publik dan administrasi publik di mana masing-masing perspektif saling melengkapi untuk mendukung pencapaian pelayanan publik yang semakin baik Dalam buku ini, tim penulis menggunakan terminologi “kepercayaan publik” untuk menjelaskan secara harfiah istilah “public trust” sebagai perspektif relatif baru dalam ilmu administrasi publik yang dimaknai sebagai “kepercayaan publik”.

Perspektif ini bersumber dari teori “Trust” dimana dilihat dari perspektif epistemologi bersumber dari teori administrasi, teori organisasi, dan teori pelayanan publik. Buku ini bermanfaat secara aksiologi untuk memberikan pengetahuan baru dan pengalaman berguna untuk membangun pelayanan publik yang lebih baik dalam birokrasi pemerintahan berdasarkan dimensi dan strategi dalam perspektif kepercayaan publik.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Public Trust dalam Pelayanan Publik”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *