Model Effective Time Kinerja Operasional Pelabuhan di Terminal Petikemas

Effective Time (ET) sebagai faktor yang berpengaruh terhadap lamanya pelayanan pada kapal untuk lamanya bongkar muat (berthing time) di tambatan/dermaga. Pasalnya berthing time juga mempengaruhi mahal atau tidaknya biaya logistik nasional. Effective Time (ET) yang merupakan bagian dari Berthing Time (BT) sangat dipengaruhi dari kombinasi peralatan utama pengangkat dan pemindah muatan petikemas dari kapal sampai ke Container Yard (CY) yang ataupun sebaliknya yang biasanya diistilahkan sebagai kegiatan bongkar dan muat (BM). Umumnya terdapat tiga peralatan utama yang digunakan (terlibat) pada proses bongkar muat, yaitu: (1) Quay Crane atau Container Crane (CC), (2) Transtainer atau Rubber Tyred Gantry Crane (RTG), dan (3) Headtruck (HT). Dalam buku ini mengulas tentang model Effective Time (ET) selama kapal bersandar di dermaga, yang hubungannya terhadap banyaknya Throughput petikemas, serta jumlah kombinasi peralatan handling antara Container Crane (CC), Rubber Tyred Gantry (RTG), dan transportasi horizontal Headtruck (HT) yang ideal di terminal petikemas. Dalam buku ini juga sudah dilengkapi contoh-contoh penggunaan model dan analisis simulasi penggunaan model Effective Time (ET) yang kaitannya terhadap biaya dan kinerja di terminal petikemas.

SKU: 978979530xxxx-102 Kategori: Tag: ,

Detail

Editor

Taufiqur Rachman

Tata Letak

Ashury Djamaluddin

Desain Sampul

Hidayatullah

e-ISBN

978-979-530-xxx-x

Halaman

viii + 261 hlm

Ukuran

15,5 x 23 cm

Cetakan

I, 2024

Penerbit

Unhas Press

Bahasa

Indonesia

Tentang

Ashury Djamaluddin

Ashury Djamaluddin adalah salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai pengajar di Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Selain itu, beliau juga seorang praktisi, konsultan pelabuhan yang memiliki keahlian dibidang Kepelabuhanan, terbukti dari beberapa rancangan pelabuhan yang telah didesain di Indonesia. Diantaranya adalah perencanaan konstruksi Makassar New Port, Pelabuhan Perikanan Beba’ Takalar Sulawesi Selatan, Perencanaan Induk Pelabuhan Bitung, Balikpapan, Tarakan dan lain-lain. Beliau juga merupakan dosen pengajar mata kuliah Perencanaan Pelabuhan, Manajemen Operasional Pelabuhan, Ekonomi Kepelabuhanan, Spesifikasi dan Analisis Biaya, Perencanaan dan Konstruksi Bangunan Lepas Pantai, Manajemen Konstruksi, Ekonomi Teknik, dll.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Model Effective Time Kinerja Operasional Pelabuhan di Terminal Petikemas”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *