Strategi Diversifikasi Produk dan Kinerja Operasi

Sebuah Studi Pada Industri UKM di Sulawesi Selatan


Isi buku ini merupakan serangkaian hasil penelitian yang dilakukan pada sejumlah perusahaan yang tergolong industri UKM di Sulawesi Selatan sebagai objek penelitian dengan tema strategi diversifikasi produk dan hubungannya dengan kinerja operasi.

Tujuan penulisan buku ini adalah 1). Untuk menggambarkan profil industri UKM di Sulawesi Selatan dan hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan kajian ilmiah dan pengambilan kebijakan pengembangan Industri pengolahan berkategori UKM; 2). Untuk mengetahui sejauh mana motivasi pada pemilik usaha menjalankan diversifikasi produk yang berkesesuian permintaan pasar atau konsumen; 3). Untuk memverifikasi sejauh mana pengaruh strategi diversifikasi produk terhadap peningkatan kinerja operasi perusahaan. Dan selanjutnya, semoga buku ini bermanfaat bagi para akademisi, dosen dan mahasiswa untuk dijadikan bahan referensi dalam kajian ilmu manajemen strategi dan manajemen operasional, serta juga bermanfaat bagi praktisi bisnis dalam pengambilan kebijakan dan strategi pengembangan bisnis UKM.

Buku ini disusun dalam tiga bab. Bab Pertama, berisi pendahuluan yang berkait dengan latar belakang penelitian, dan rumusan masalah. Bab kedua, berisi Tinjauan Pustaka yang membahas tentang seluk beluk strategi diversifikasi produk dan kinerja operasi perusahaan. Bab ketiga, memuat tentang hasil penelitian dan pembahasannya, yang kontennya antara lain: analisis deskriptif tentang profil Industri UKM di Sulawesi Selatan, persepsi pemilik usaha tentang kebijakan diversifikasi produk, dan menganalisis sejauh mana pengaruh strategi diversifikasi produk terhadap peningkatan kinerja operasinya. Bab kelima, yang berupa kesimpulan dari hasil pembahasan penelitian.

SKU: 9789795302476 Category: Tags: , ,

Detail

Desain Sampul

ISBN

978-979-530-247-6

Halaman

x + 70

Cetakan

I April 2020

Penerbit

Unhas Press

Bahasa

Indonesia

Tentang

Muhammad Yunus Amar

Muhammad Yunus Amar

Penulis dilahirkan di Aruhu – Sinjai pada 30 April 1962. Masuk di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin dan lulus pada tahun 1986. Pendidikan S2 di Program Teknik dan Manajemen Industri – Pascasarjana ITB, Bandung dan lulus tahun 1998. Program Doktoral (S3) dan lulus pada tahun 2004 di Program Ilmu Ekonomi – Konsentrasi Manajemen – Pascasarjana Unpad, Bandung.

Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen tetap pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin mulai tahun 1988 sampai sekarang. Ia aktif mengajar di program studi S1 dengan mata kuliah manajemen operasional , riset operasi, manajerial ekonomi, teknik pengambilan keputusan. Mengajar pada Program Pascasarjana FEB Unhas yaitu Program Magister (S2) : Manajemen dan Keuangan (MAK) , Magister Manajemen (MM), Magister Keuangan Daerah (MKD), dan Program Doktor (S3) Ilmu Ekonomi. Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Ilmu Komunikasi - FISIP , serta Magister Agribisnis – Sekolah Pasca Unhas, dengan mengampu mata kuliah : Manajemen Operasional, Manajemen Kuantitatif, Manajerial Ekonomi, Perencanaan Komunikasi, Statistik terapan- Statistik Sosial. Serta pernah mengajar pada Program S2 kerjasama – Universitas Hasanuddin dengan Universitas Tadulako dan Universitas Pattimura. Disamping sebagai pengajar, penulis juga aktif menulis buku. Buku yang sudah terbit adalah Manajemen Operasional : Keputusan Jangka Panjang Perusahaan dan Statistik untuk Bisnis.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Strategi Diversifikasi Produk dan Kinerja Operasi”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *