Kompetensi dan Komitmen dalam Kinerja Layanan Publik

 

Buku ini merupakan terbitan pertama yang ditulis berdua sebagai upaya memperkaya bahan bacaan mahasiswa peserta mata kuliah Pelayanan Publik yang ditawarkan pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas). Adapun pokok-pokok materi pada buku ini adalah pada Bab I berisi kompetensi untuk aparat pelayanan, Bab II komitmen untuk aparat pelayanan, Bab III kinerja pegawai, Bab IV kualitas pelayanan publik, dan Bab V akuntabilitas pelayanan publik.

Category: Tag:

Detail

ISBN

978-979-530-209-4

Tata Letak

Muhammad Ihlasul Amal

Desain Sampul

Rachmat Hidayat

Halaman

Cetakan

I, 2019

Penerbit

Unhas Press

Bahasa

Indonesia

Tanggal Terbit

Tentang

Baharuddin

Baharuddin lahir di Makassar, 2 Januari 1957, alamat Alamat Rumah : Jln. Todopuli Raya Timur (Kompleks Villa Surya Mas N.12 Makassar, Telpon (0411) 430335 HP (08124292318) tamat Sekolah Dasar (SD) Negeri 72 Makassar, 1970, Sekolah menengah Pertama (Mualimin) Muhammadiyah Makassar 1973, Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Makassar 1976, Sarjana Muda Ilmu Administrasi Negara FISIP Unhas 1981, Sarjana (S1) Ilmu Administrasi Negara FISIP Unhas 1983, Magester (S2) Administrasi Pembangunan Pascasarjana Unhas 1998, Doktor (S3) Ilmu Sosial (Konsentrasi Ilmu Administrasi Publik) Pascasarjana Unhas 2010. Pekerjaan adalah Dosen pada fakultas Non Gelar Ilmu Sosial (Fanogis) Universitas Hasanuddin 1985. Telah menduduki berbagai jabatan yaitu Ketua Pelaksana Program D1. Administrasi Kepegawaian Kerjasama Pemda Sulsel dengan Fanogis Unhas 1988, Ketua Pelaksana Program D3 Administrasi Kearsipan Kerjasama Pemda Sulsel dengan Fanogis Unhas 1989-1991, Ketua Pelaksana Program D3 Administrasi Perkantoran Kerjasama Pemda Sulsel dengan FISIPol Unhas 1994- 1998, Ketua Pelaksana D3 Jurusan Ilmu Kesekretariatan FISIP Unhas 1997-2002, Sekretaris Program D3 FISIP Unhas tahun 2002-2006, Ketua Komdis FISIP Unhas 2010-2014, Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP Unhas 2014-2018, Wakil Dekan II Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya FISIP UNHAS 2016-2018 dan Anggota Senat Akademik Unhas sampai sekarang.

Aktif dalam penulisan Publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional dan aktif dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat juga aktif mengikuti seminar bertaraf nasional maupun internasional. Karya Buku 5 Tahun Terakhir, yaitu Teori Organisasi, 2012 (Modul), Pengantar Adm dan Manajemen 2012 (Modul), Ilmu Administrasi (dari Terminologi hingga Pengambilan Keputusan) 2014 Penerbit PT Refika Aditama, Bandung ISBN 978-602-7948-35-8. Telah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Nurdin Nara

Nurdin Nara, lahir di Desa Gantarang, 3 September 1963, putra almarhum H. Nara Mannarai dan ibunda Hj. Minah Mangupa. Tamat SD Negeri Gantarang tahun 1975 di Gantarang, SMP Negeri Paitana tahun 1989, dan SMA Negeri 160 Bantaeng tahun 1982. Memperoleh gelar sarjana (Drs.) di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Unhas Tahun 1987, gelar Magister (M.Si.) Program Studi Administrasi Pembangunan di Pascasarjana Unhas, dan gelar Doktor dalam bidang Administrasi Publik di Pascasarjana FISIP Unhas Tahun 2018.Diangkat menjadi di Jurusan Ilmu Administrasi FISIP Unhas Tahun 1989 sampai sekarang dan telah menduduki beberapa jabatan yaitu Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi tahun 2001-2006, menjadi Direktur Kelas Sore (extension) FISIP Unhas tahun 2006-2010, dan sebagai Ketua Departemen Ilmu Administrasi tahun 2018-sekarang.

Karya-karya ilmiah telah diterbitkan pada beberapaa Jurnal yaitu Peranan Diklat Dalam Meningkatkan Kinerja PNS, Model Pemberdayaan Anak pada Desa Pantai, Upaya Peningkatan Mutu Kepemimpinan Aparatur Daerah di Indonesia, Model Penilaian Kinerja PNS pada Era Otoda, Pengukuran inerja PNS Dalam Rangka Remunerasi PNS di Sekretariat Pemprov Sul Sel dan Desentralisais Kewenangan Pelayanan Publik pada Kecamatan di Kabupaten Pangkep. Dan beberapa buku Ajar yaitu Manajemen Aset, Kepemimpinan Organisasi Publik, Perencanaan Pembangunan dan Sistem Administrasi Negara RI.

Telah memperoleh beberapa piagam dan satyalancana penghargaan antara lain Piagam Penghargaan Atas Prestasi dan Partisipasi mendukung POLRI dalam mendukung Kantibmas di Kabupaten Jeneponto, Piagam Penghargaan Atas Keberhasilannya melaksanakan tugas dengan baik sebagai Koordinator Pendamping Pemberdayaan Masyarakat Tani di Sulsel, Satyalancana dari Presiden RI Karya Sapta 10 Tahun Pengabdian PNS, Satyalancana dari Presiden Karya Sapta 20 Tahun Pengabdian PNS Piagam Penghargaan Sebagai Dosen Pengajar Terbaik atas Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) PS Ilmu Adm Negara FISIP Unhas tahun 2019.

Dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan syukur alhamdulillah atas berkat, rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga buku pengantar “Kompetensi dan Pelayanan Publik” ini dapat diselesaikan pada waktunya, karena tanpa pertolongan dan rahmat-Nya tidak mungkin kami bisa berbuat atau menulis buku seperti ini.

Sebagai suatu buku pengantar, buku ini tentunya belum menjawab keseluruhan pembahasan dalam kaitan dengan luasnya ruang lingkup dan pendalaman tentang berbagai kajian yang dikembangkan dalam meningkatkan pelayanan publik yang telah banyak menarik perhatian dari berbagai pihak yang peduli dengan pentingnya peningkatan kompetensi dan pencapaian hasil pada setiap pelayanan publik.

Buku ini merupakan terbitan pertama yang ditulis berdua sebagai upaya memperkaya bahan bacaan mahasiswa peserta mata kuliah Pelayanan Publik yang ditawarkan pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Adapun pokok-pokok materi pada buku ini adalah pada Bab I berisi kompetensi untuk aparat pelayanan, Bab II komitmen untuk aparat pelayanan, Bab III kinerja pegawai, Bab IV kualitas pelayanan publik, dan Bab V akuntabilitas pelayanan publik.

Dalam proses penulisan buku ini, banyak sekali pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh karena itu perkenankanlah penulis menyampaikan terima kasih terutama yang bersedia secara bersama-sama menulis dan merampungkan buku ini yaitu kepada Dr. Nurdin Nara, M.Si. dan rekan-rekan Dosen di Departemen Ilmu Administrasi FISIP Unhas. Tanpa bantuan dan partisipasi rekan-rekan maka buku ini belum tentu dapat terselesaikan pada waktunya.

Tak lupa juga menyampaikan terima kasih pada atas bantuan dan partisipasinya Dr. Wahyu Nurdiansyah Nurdin, M.Si. yang telah membantu sejak awal penulisan buku ini dan senantiasa memberikan semangat dan dorongan moral untuk untuk menyelesaikan penulisan buku ini.

Meskipun buku ini telah dinyatakan selesai dan diterbitkan, penulis menyadari bahwa buku ini masih terdapat beberapa ke- kurangan baik dari segi teknis penulisan, pengetikan, kualitas dan jumlah halaman yang masih terbatas adanya. Karena itu masukan atau kritikan untuk perbaikan dari para pembaca sangat kami ha- rapkan yang nantinya bisa membantu penulis untuk melengkapi kekurangan yang masih terdapat dalam buku ini sehingga pener- bitan berikutnya bisa lebih baik.

Sekali lagi pada kesempatan yang berbahagia ini, penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggnya kepada semua pihak yang telah memberikan saran atau kritikan yang berharga, sehingga buku ini dapat tersusun seperti sekarang ini.

Diharapkan dengan terbitnya buku Kompetensi dan Pela- yanan Publik ini, maka mahasiswa yang membutuhkan referensi berkaitan dengan materi kuliah ini dapat memperolehnya melalui buku ini meskipun masih terbatas adanya. Mudah-mudahan da- lam terbitan yang akan datang akan lebih disempurnakan sesuai yang direncanakan.

Akhir kata, semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, baik terhadap penulis berdua maupun kepada mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Pelayanan Publik yang ada di Departemen Ilmu Administrasi FISIP Unhas maupun dari berbagai pihak yang membutuhkannya. Semoga Allah SWT memberikan balasan berupa pahala di sisi-Nya, Amin.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Kompetensi dan Komitmen dalam Kinerja Layanan Publik”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *