Hubungan Budaya Perusahaan dan Implementasi Strategi

Suatu perusahaan agar dapat unggul dan survive dalam posisi persaingan, maka perusahaan tersebut harus melakukan adaptasi eksternal da integrasi internal yang efektif (Hartanto, 1995; Schein, 1989). Adaptasi eksternal berarti mengembangkan suatu kemampuan bersaing yang lebih dapat memuaskan dan memberi nilai tambah kepada para langganan dan pihak-pihak yang berkepentingan. Perusahaan dalam mengadakan integrasi secara internal lebih didorong oleh kemungkinan munculnya konflik internal. Karena itu, dalam lingkungan internal perusahaan perlu dikembangkan suatu daya tarik tersendiri dalam bentuk tumbuhnya komitmen yang lebih besar dari semua anggota dalam perusahaan. Usaha membangun komitmen ini dilakukan melalui budaya perusahaan, yang memberi landasan kultural yang mantap bagi pembangunan kompetensi perusahaan.

Suatu perusahaan atau organisasi perlu mengembangkan buda- ya bisnis yang kuat atau efektif. Budaya bisnis yang kuat dianggap sebagai dorongan yang kuat (driving force) di belakang bisnis atau perusahaan yang sukses. Budaya perusahaan dapat dilihat sebagai suatu share value, struktur organisasi, sistem pengendalian untuk membentuk norma-norma perilaku (behavior norm). Organisasi atau perusahaan yang berfungsi baik dan tepat mencapai kinerja yang cukup memadai menunjukkan adanya konsistensi dari gaya (style), struktur, staf, sistem dan keahlian dengan budaya.

Detail

isbn

978-979-530-222-3

tata-letak

Muhammad Ihlasul Amal

desain-sampul

Muhammad Ihlasul Amal

halaman

viii + 138

cetakan

Pertama

penerbit

Unhas press

bahasa

Indonesia

tanggal-terbit

Agustus 2019

Tentang

Muhammad Yunus Amar

Muhammad Yunus Amar

Penulis dilahirkan di Aruhu – Sinjai pada 30 April 1962. Masuk di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin dan lulus pada tahun 1986. Pendidikan S2 di Program Teknik dan Manajemen Industri – Pascasarjana ITB, Bandung dan lulus tahun 1998. Program Doktoral (S3) dan lulus pada tahun 2004 di Program Ilmu Ekonomi – Konsentrasi Manajemen – Pascasarjana Unpad, Bandung.

Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen tetap pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin mulai tahun 1988 sampai sekarang. Ia aktif mengajar di program studi S1 dengan mata kuliah manajemen operasional , riset operasi, manajerial ekonomi, teknik pengambilan keputusan. Mengajar pada Program Pascasarjana FEB Unhas yaitu Program Magister (S2) : Manajemen dan Keuangan (MAK) , Magister Manajemen (MM), Magister Keuangan Daerah (MKD), dan Program Doktor (S3) Ilmu Ekonomi. Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Ilmu Komunikasi - FISIP , serta Magister Agribisnis – Sekolah Pasca Unhas, dengan mengampu mata kuliah : Manajemen Operasional, Manajemen Kuantitatif, Manajerial Ekonomi, Perencanaan Komunikasi, Statistik terapan- Statistik Sosial. Serta pernah mengajar pada Program S2 kerjasama – Universitas Hasanuddin dengan Universitas Tadulako dan Universitas Pattimura. Disamping sebagai pengajar, penulis juga aktif menulis buku. Buku yang sudah terbit adalah Manajemen Operasional : Keputusan Jangka Panjang Perusahaan dan Statistik untuk Bisnis.

Budaya dan strategi dalam suatu organisasi memiliki atmosfer kajian keilmuan masing-masing, tetapi memiliki hubungan yang erat ketika ia digunakan sebagai variabel untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya perusahaan yang kuat menjadi katup –memperlancar atau menghambat– implementasi suatu strategi. Kesesuaian budaya yang dianut oleh perusahaan dengan strategi yang dibuat akan memperlan- car implementasinya dan juga pencapaian tujuan perusahaan dan sebaliknya. Buku ini tidak bermaksud untuk menjawab semua permasalahan yang terkait dengan budaya perusahaan dan strateginya, tetapi paling tidak memberi jawaban atas pertanyaan yang berkaitan dengan sejauh mana kesesuaian nilai budaya dengan penerapan strategi diversifikasi yang dipilih oleh perusahaan manufaktur tertentu. Hasilnya diharapkan bermanfaat sebagai bahan referensi bagi pengajar dalam pengembang- an ilmu bidang manajemen organisasional dan strategi perusahaan dan bahan masukan bagi para praktisi bisnis, serta sebagai bahan rujukan bagi peneliti untuk penelitian lebih lanjut pengembangan manajemen organisasi bisnis.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Hubungan Budaya Perusahaan dan Implementasi Strategi”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *